Festival Kesenian Yogyakarta 2007

Image

Pasar Seni : Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) XIX – 2007



Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) adalah sebuah festival yang berangkat dari basis ekonomi kota, yaitu industri kreatif, wisata, dan pendidikan. Sebagai sebuah festival tahunan FKY selalu tampil dengan ciri yang berbeda setiap tahunnya. Dan tahun 2007 ini, FKY akan diselenggarakan kembali dengan mengambil tema Anak Muda dan Keberagaman.

Tema itu semakin menegaskan ciri utama kota multietnis dan multikultur, yang kemudian dipertautkan dengan stakeholder utama kota yaitu anak muda, the silent majority. FKY ingin menempatkan anak muda pada panggung yang lebih netral. Melalui seni – baik tradisi maupun kontemporer – potensi kreatif pemuda dapat disalurkan secara sehat. Seni sekaligus juga mampu memberi outlet terhadap kemarahan, frustrasi, tanpa harus melakukan destruksi sosial. Sebuah komunikasi antar generasi, the previous dan the next generation. Yang tua dengan anak muda.

Pasar Seni sebagai salah satu program utama FKY XIX – 2007 akan terdiri dari berbagai macam stand kerajinan dan produk seni. Untuk tahun ini akan dilengkapi dengan stand industri kreatif dan pendukungnya. Industri kreatif itu antara lain performing arts (grup teater, dance company, dan perkumpulan aktor) dan visual arts (studio pelukis, sekolah seni, graphic design studio, artist distro, dan lain sebagainya). Jumlah keseluruhan stand mencapai 150 unit.

Di area Pasar Seni, selain stand produk-produk seni, juga akan disediakan panggung untuk aktivitas seni. Panggung akan memfasilitasi konser musik, pemutaran film, festival anak, lomba-lomba Family Sunday, dan lain sebagainya. Acara-acara ini dibuat seluas mungkin untuk mewadahi keberagaman pengunjung yang selalu datang dan memadati festival ini.

Bertempat di Benteng Vredeburg, sebuah situs sejarah yang terletak di pusat Kota Jogja, Pasar Seni akan berlangsung selama 1 bulan, dari tanggal 7 Juni hingga 7 Juli 2007. Dalam satu bulan, Pasar Seni ini rata-rata dikunjungi 40-50 ribu orang. Sebuah jumlah yang sangat besar dan menunjukkan potensi ekonomi yang luar biasa.

Sehubungan dengan hal di atas, maka dengan ini kami mengundang partisipasi masyarakat pemilik usaha kerajinan, seniman lukis dan kreator benda-benda seni dengan menawarkan stand untuk mengisi kegiatan PASAR SENI FKY XIX – 2007,  yang sedianya akan dilaksanakan pada:

Tanggal  : 7 Juni – 7 Juli 2007
Tempat   : Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta
Pukul       : 09.00-21.00 WIB (Kecuali Hari Sabtu s/d Jam 22.00 WIB)